Detik-detik Jatuhnya Pesawat TransAsia di Taipei


Taipe,

Detik-detik jatuhnya pesawat Transasia di Taipei, Taiwan, terekam kamera dalam mobil. Setidaknya 19 orang tewas dan puluhan orang terluka dalam peristiwa tersebut.

Taipei - Sekeluarga yang terdiri atas tiga orang di Taiwan merasa mujur karena berhasil selamat dalam kecelakaan pesawat TransAsia Airways. Mereka meminta pindah tempat duduk ke bagian agak belakang pesawat.

Ketiganya kini berhasil berkumpul bersama meskipun mengalami luka serius. Mereka bersyukur karena bisa selamat dari maut. Demikian seperti diberitakan kantor berita CNA dan dilansir Focus Taiwan Channel News, Kamis (5/2/2015).

Sesaat sebelum pesawat lepas landas dari Bandara Songshan, Taipei pada Rabu (4/2) pagi, sang ayah Lin Ming-wei meminta agar tempat duduk dirinya dan keluarganya dipindah. Lin terbang bersama istrinya, Chiang Yu-ying dan putra mereka, Ji-yao yang baru berusia 2 tahun.

Mereka seharusnya duduk di deretan sebelah kiri, namun Lin meminta untuk dipindahkan ke beberapa kursi kosong di deretan sebelah kanan. Tempat duduk yang baru ini kebetulan lebih dekat dengan bagian belakang pesawat.

Alasan Lin meminta pindah tempat duduk karena dirinya merasa tidak nyaman mendengar suara bising, ketika duduk di deretan sebelah kiri pesawat.

Keputusan Lin berpindah tempat duduk inilah yang menyelamatkan hidupnya dan keluarganya. Laporan awal menyebutkan, bagian kanan pesawat jenis turbopop ATR 72-600 itu merupakan bagian yang mengalami kerusakan paling parah.

Kerabat keluarga ini seperti dikutip media lokal menuturkan, tempat duduk Lin dan keluarga di bagian kanan berada tepat di mana bangkai pesawat patah setelah jatuh ke sungai. Segera setelah menyadari apa yang terjadi, Lin berusaha merangkak keluar dari patahan pesawat tersebut dan mencari istri dan anaknya.
First